no fucking license
Bookmark

Jenis-jenis Oli yang Wajib Anda Tahu

Oli

Oli adalah pelumas pada mesin kendaraan. Setiap Oli memiliki fungsi yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, perlu memahami apa saja jenis-jenis Oli yang sering digunakan. 

Berikut Jenis-jenis Oli 
  1. Oli Vegetable 
    Dari namanya sudah bisa dikenali bahwa Oli jenis ini merupakan Oli yang dibuat dari bahan tumbuhan yang disuling hingga menjai minyak. Oli jenis seperti ini banyak digunakan pada mesin kendaraan yang dipakai pada perlombaan atau balapan. 

  2. Oli Mineral
    Oli jenis ini merupakan Olo yang dibuat dari proses penyulingan bahan Mineral. Adapun  Kelebihan Oli jenis ini adalah bisa menjaga performa mesin motor lama agar lebih awet. Getaran yang dihasilkan dari kinerja oli Mineral sangat halus. Dari segi harga, Oli Mineral jauh lebih murah dibandingkan jenis oli sintetik.

    Namun, dilihat dari kekurangannya, Oli mineral memiliki struktur molekul yang tidak seimbang. Penggunannya Oli Mineral cenderung meningalkan ampas kotoran pada mesin. 

  3. Oli Syntetic
    Jenis Oli Syntetic merupakan oli hasil produk petroleum seperti halnya ettylee. Proses pemuatan Oli ini dilakukan secara kimiawi. Oleh sebab itu, Oli ini memiliki beberapa keunggulan yakni  kinerjanya lebih stabil dan memiliki kemampuan pelumasan yang sangat baik.

    Oli syntetic merupakan jenis oli yang tidak cepat menghitam warnanya. Oli ini juga mampu membersihkan mesin dari kerak karbon. Penggunaan oli ini bisa menjaga mesin motor relatif dingin sehingga banyak disukai pengguna motor. 

  4. Oli Semi Syntetic
    Khusus untuk Oli Semi Syntetic, bahan pembuatannya dari campuran antara oli mineral dan syntetic. Oli tersebut menghasilkan kemampuan pelumasan yang baik. Selain itu, harganya juga relatif lebih murah dibandingkan dengan oli syntetic.

Demikian jenis-jenis oli yang bisa kami berikan. Jika ingin tahu lebih rinci silakan baca rekomendasi Oli Motor Matic Terbaik di Indonesia

Nah, jika kamu ingin tahu dampak dari lambatnya mengganti Oli bisa membaca artikel berikut ini : 

Dampak Lambat Mengganti Oli Motor 

  • Kinerja mesin kurang optimal 
  • Tidak mampu memberikan proteksi maksimal pada mesin 
  • Bisa muncul sludge atau endapan oli di bawah mesin 
  • Mesin motor bisa rusak karena komponen mesin seperti piston, blok silinder dan sistem transmisi bekerja tanpa pelindungan dari oli yang bersih 
  • Motor bisa turun mesin dan harus mengganti komponen yang rusak 
  • Mesin motor menjadi cepat panas 
  • Bahan bakar menjadi boros

Referensi : 
https://www.fortuna-motor.co.id
Posting Komentar

Posting Komentar