Apa itu ChatGPT dan mengapa sekolah memblokirnya?

ChatGPT

ChatGPT - Tool Artificial Inteligent buatan baru ChatGPT kini mampu menulis esai tentang penyebab Perang Saudara Amerika dan Anda dapat menghasilkan makalah persuasif dalam hitungan detik.

Itulah salah satu alasan mengapa pejabat sekolah New York City minggu ini mulai memblokir alat penulisan yang mengesankan namun kontroversial yang dapat menghasilkan paragraf teks seperti manusia.

Keputusan oleh distrik sekolah AS terbesar untuk membatasi situs web ChatGPT di perangkat dan jaringan sekolah dapat memiliki efek riak pada sekolah lain, dan para guru berebut untuk mencari cara mencegah kecurangan. Pembuat ChatGPT mengatakan mereka juga mencari cara untuk mendeteksi penyalahgunaan.

Alat gratis ini telah ada hanya selama lima minggu tetapi sudah menimbulkan pertanyaan sulit tentang masa depan AI dalam pendidikan, industri teknologi, dan sejumlah profesi.

APA ITU CHATGPT?

ChatGPT diluncurkan pada 30 November tetapi merupakan bagian dari serangkaian teknologi yang lebih luas yang dikembangkan oleh startup OpenAI yang berbasis di San Francisco, yang memiliki hubungan dekat dengan Microsoft.

Ini adalah bagian dari generasi baru sistem AI yang dapat berkomunikasi, menghasilkan teks yang dapat dibaca sesuai permintaan, dan bahkan menghasilkan gambar dan video baru berdasarkan apa yang telah mereka pelajari dari database buku digital, tulisan online, dan media lainnya yang luas.

Tetapi tidak seperti iterasi sebelumnya dari apa yang disebut "model bahasa besar," seperti OpenAI's GPT-3, diluncurkan pada tahun 2020, alat ChatGPT tersedia secara gratis untuk siapa saja yang memiliki koneksi internet dan dirancang agar lebih ramah pengguna. Ini bekerja seperti dialog tertulis antara sistem AI dan orang yang mengajukan pertanyaan kepadanya.

Jutaan orang telah memainkannya selama sebulan terakhir, menggunakannya untuk menulis puisi atau lagu konyol, untuk mencoba mengelabuinya agar membuat kesalahan, atau untuk tujuan yang lebih praktis seperti membantu menulis email. Semua kueri itu juga membantunya menjadi lebih pintar.

APA JEBAKANNYA?

Seperti halnya sistem serupa, ChatGPT dapat menghasilkan prosa yang meyakinkan, tetapi itu tidak berarti apa yang dikatakannya faktual atau logis.

Peluncurannya datang dengan sedikit panduan tentang cara menggunakannya, selain janji bahwa ChatGPT akan mengakui ketika itu salah, menantang "tempat yang salah" dan menolak permintaan yang dimaksudkan untuk menghasilkan jawaban yang menyinggung. Namun, sejak itu, popularitasnya telah membuat penciptanya mencoba menurunkan harapan beberapa orang.

"ChatGPT sangat terbatas, tetapi cukup baik dalam beberapa hal untuk menciptakan kesan kehebatan yang menyesatkan," kata CEO OpenAI Sam Altman di Twitter pada bulan Desember.

Altman menambahkan bahwa "adalah kesalahan untuk mengandalkannya untuk sesuatu yang penting saat ini."

"Ini adalah pratinjau kemajuan; Kami memiliki banyak pekerjaan yang harus dilakukan pada ketangguhan dan kejujuran."

BISAKAH ITU DIGUNAKAN UNTUK MENULIS MAKALAH SEKOLAH?

Inilah yang dikatakan ChatGPT ketika The Associated Press memintanya untuk menjawab pertanyaan itu dalam huruf besar semua dari sudut pandang seorang kepala sekolah yang meneriakkan pesan singkat melalui sistem PA sekolah:

"JANGAN GUNAKAN CHATGPT ATAU ALAT TULIS OTOMATIS LAINNYA UNTUK MAKALAH SEKOLAH. INI CURANG DAN TIDAK AKAN DITOLERANSI. JIKA ANDA KETAHUAN MENGGUNAKAN CHATGPT ATAU ALAT TULIS OTOMATIS LAINNYA UNTUK MAKALAH SEKOLAH, AKAN ADA KONSEKUENSI SERIUS."

Tetapi ketika diminta untuk menjawab pertanyaan yang sama sendiri, ChatGPT menawarkan peringatan yang lebih terukur ini: "Sebagai aturan umum, tidak tepat untuk menggunakan ChatGPT atau alat penulisan otomatis lainnya untuk makalah sekolah, karena dianggap curang dan tidak menguntungkan siswa dalam jangka panjang."

APA YANG DIKATAKAN SEKOLAH?

Banyak distrik sekolah masih berebut untuk mencari cara menetapkan kebijakan tentang apakah dan bagaimana itu dapat digunakan.

Departemen pendidikan Kota New York mengatakan pada hari Kamis bahwa mereka membatasi akses pada jaringan dan perangkat sekolah karena khawatir tentang dampak negatif pada pembelajaran siswa, serta "kekhawatiran mengenai keamanan dan keakuratan konten."

Tetapi tidak ada yang menghentikan siswa untuk mengakses ChatGPT dari ponsel atau komputer pribadi di rumah.

"Meskipun alat ini mungkin dapat memberikan jawaban yang cepat dan mudah untuk pertanyaan, alat ini tidak membangun keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah, yang sangat penting untuk kesuksesan akademis dan seumur hidup," kata juru bicara sekolah Jenna Lyle.

MANUSIA ATAU AI?

"Untuk menentukan apakah sesuatu ditulis oleh manusia atau AI, Anda dapat mencari tidak adanya pengalaman atau emosi pribadi, memeriksa ketidakkonsistenan dalam gaya penulisan, dan mengawasi penggunaan kata-kata pengisi atau frasa berulang. Ini mungkin tanda-tanda bahwa teks itu dihasilkan oleh AI."

Itulah yang dikatakan ChatGPT kepada reporter AP ketika ditanya bagaimana cara membedakannya.

OpenAI mengatakan dalam pernyataan tertulis manusia minggu ini bahwa mereka berencana untuk bekerja dengan pendidik karena belajar dari bagaimana orang bereksperimen dengan ChatGPT di dunia nyata.

"Kami tidak ingin ChatGPT digunakan untuk tujuan menyesatkan di sekolah atau di mana pun, jadi kami sudah mengembangkan mitigasi untuk membantu siapa pun mengidentifikasi teks yang dihasilkan oleh sistem itu," kata perusahaan itu.

APAKAH INI MENGANCAM GOOGLE?

Ada beberapa spekulasi bahwa ChatGPT dapat menjungkirbalikkan bisnis pencarian internet yang sekarang didominasi oleh Google, tetapi raksasa teknologi itu telah mengerjakan teknologi serupa selama bertahun-tahun — hanya saja lebih berhati-hati dalam melepaskannya di alam liar.

Google-lah yang membantu memulai tren untuk model bahasa AI yang semakin besar dan semakin cerdas yang dapat "dilatih sebelumnya" pada banyak tulisan. Pada tahun 2018 perusahaan memperkenalkan sistem yang dikenal sebagai BERT yang menggunakan teknik "transformator" yang membandingkan kata-kata di seluruh kalimat untuk memprediksi makna dan konteks. Beberapa kemajuan itu sekarang dimasukkan ke dalam pencarian Google.

Tetapi tidak diragukan lagi bahwa iterasi GPT berturut-turut — yang merupakan singkatan dari Generative Pre-trained Transformer — berdampak. Microsoft telah menginvestasikan setidaknya $ 1 miliar di OpenAI dan memiliki lisensi eksklusif untuk menggunakan GPT-3.

HEI CHATGPT, BISAKAH KAMU MEMASUKKAN SEMUA INI KE DALAM RAP?

"ChatGPT hanyalah alat,

Tapi itu bukan pengganti sekolah.

Anda tidak bisa menipu jalan Anda ke atas,

Menggunakan mesin untuk mengerjakan pekerjaan rumah Anda, Anda akan gagal.

Plagiarisme adalah tidak-tidak,

Dan teks ChatGPT bukan milik Anda, yo.

Jadi masukkan ke dalam pekerjaan, dapatkan nilai itu,

Jangan mencoba menipu, itu tidak sebanding dengan perdagangannya."

Posting Komentar untuk "Apa itu ChatGPT dan mengapa sekolah memblokirnya?"