no fucking license
Bookmark

Arab Saudi Turunkan Biaya Paket Haji 30 Persen, Menag Yaqut Usul Naik Dua Kali Lipat



GELORANEWS - Ada perbedaan informasi mengenai biaya paket haji. Arab Saudi dikabarkan menurunkan biaya paket haji tahun hingga 30 persen dibandingkan tahun 2022.

Mengutip Gulf News, perwakilan Kementerian Haji dan Umrah untuk Layanan Haji dan Umrah, Amr bin Reda Al Maddah mengungkap adanya penurunan biaya tersebut.

Konsul Jenderal Republik Indonesia di Jeddah, Eko Hartono mengatakan, Arab Saudi memang menurunkan harga paket haji untuk jemaah domestik.

“Jadi untuk jemaah domestik turun dari 5.666 riyal (sekitar Rp22 juta) menjadi 3.900 riyal (sekitar Rp15 juta) paket termurah, atau turun 30 persen,” kata Eko, Sabtu 21 Januari 2023.

Sebelumnya, Kementerian Haji dan Umrah Saudi menyatakan jemaah domestik memiliki pilihan untuk membayar paket haji dalam tiga kali cicilan.

Calon jemaah haji harus melakukan pembayaran sebesar 20 persen dari total biaya dalam waktu 72 jam sejak pendaftaran. Angsuran kedua sebesar 40 persen yang harus dibayar pada 7 Juli mendatang, dan 40 persen sisanya harus dibayar pada 10 Oktober.

Menariknya, dalam rapat dengan Komisi VIII, Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas justru mengusulkan kenaikan biaya haji hampir dua kali lipat.

Menag Yaqut Cholil Qoumas mengusulkan biaya haji yang dibebankan kepada jemaah naik menjadi Rp69 juta. Tahun lalu, angkanya hanya Rp39 juta. (*)

Sumber: herald
Posting Komentar

Posting Komentar