6 Aplikasi Terbaik untuk Kebutuhan Bisnis, Nomor 1 Bisa Jadi Aplikasi Pembayaran Digital

Jika kamu sedang mencari aplikasi terbaik yang membantumu mengurus bisnis dengan lebih professional dan juga berperan sebagai aplikasi pembayaran digital, maka sudah tepat jika kamu menemukan artikel rekomendasi ini. Yuk, lanjut baca.

Saya yakin, rekomendasi aplikasi yang saya berikan dapat membantu mengelola arus kas bisnis dengan mudah, akurat, ditambah lagi dengan fungsi aplikasi pembayaran digital yang disediakan.

Perlu diketahui bahwa aplikasi kebutuhan bisnis ini merupakan aplikasi yang dapat diakses melalui internet dan semua perangkat keras, seperti komputer, laptop, tablet, atau smartphone. Aplikasi ini biasanya memiliki fitur-fitur yang dapat mempermudah proses pencatatan transaksi, pembuatan dan pengiriman invoice, rekonsiliasi bank, pelaporan keuangan, perhitungan pajak, hingga berfungsi sebagai aplikasi pembayaran digital untuk membayar tagihan.

Berikut adalah beberapa rekomendasi aplikasi terbaik yang cocok untuk kebutuhan bisnis di Indonesia:

1. Aplikasi Paper.id

Paper.id adalah platform penagihan dan pembayaran business to business (B2B). Kamu bisa mulai membuat dan mengirim invoice digital dengan paper.id secara GRATIS terlebih dahulu. Selanjutnya, bisa menggunakan versi berbayarnya sesuai dengan skala usaha kamu. Invoice akan cepat sampai dan bisa dibayar dengan berbagai metode, mulai dari transfer bank, kartu kredit, Virtual Account, QRIS, marketplace, dan lainnya yang dapat diakses dalam satu platform saja.

Tidak kalah penting, pembuatan invoice di Paper.id juga sudah bisa langsung dibubuhkan dengan e-Meterai, lho. Dengan begitu, kamu bisa dengan mudah mengelola ribuan transaksi penjualan hanya dengan sekali klik sehingga jadi lebih hemat waktu dan tenaga.

Selain itu, Paper.id menawarkan kemudahan dalam rekonsiliasi otomatis. Kamu tidak perlu lagi repot mencocokan pembayaran yang masuk, karena status tagihan atau invoice akan berubah secara otomatis dari “unpaid” menjadi “paid” dalam hitungan detik.

Dengan Paper.id, kamu tidak hanya mendapatkan solusi pembayaran digital yang canggih, tetapi juga pengalaman pengguna yang mudah dan efisien. Hemat waktu, tenaga, dan biaya dengan Paper.id, platform pembayaran digital terbaik untuk bisnismu.

Skala usaha yang cocok menggunakan aplikasi paper.id sebaiknya memang yang sudah tingkat menengah. Karena ketika masih mikro atau kecil, belum ada kebutuhan yang dipenuhi oleh fitur/layanan Paper.id, misal cetak-kirim invoice dalam jumlah besar, bayar banyak supplier sekaligus, penerimaan pembayaran secara non-tunai, dan lain-lain.

2. Aplikasi BukuKas

Aplikasi pembukuan sederhana yang cukup familiar di kalangan usaha menengah di Indonesia. Aplikasi ini dapat mencatat pemasukan dan pengeluaran usaha kamu secara otomatis, membuat laporan keuangan, mengirimkan invoice dan pengingat pembayaran kepada pelanggan, serta menyimpan data transaksi di layanan cloud computing.

3. Aplikasi Cloudbook

Aplikasi pembukuan online yang mudah digunakan dan cocok untuk freelancer, profesional, dan usaha jasa. Aplikasi ini dapat membantu kamu membuat invoice dengan tampilan logo dan warna sesuai korporat kamu. Invoice yang sudah terbit bisa langsung dikirim via email atau Whatsapp. Dan apabila pelanggan melakukan pembayaran, akan terlacak dengan mudah. Terakhir adalah kemampuannya untuk membuat laporan keuangan secara instan. Aplikasi Cloudbook kurang cocok untuk pembayaran B2B yang biasanya non-tunai dan nilai transaksinya besar.

4. Aplikasi Teman Bisnis

Aplikasi pembukuan online yang dilengkapi dengan fitur CRM (Customer Relationship Management) untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Aplikasi ini dapat membantumu mencatat transaksi penjualan dan pembelian, membuat dan mengirimkan invoice, mengelola stok barang, mengirimkan promo dan diskon kepada pelanggan, dan membuat laporan keuangan.

5. Aplikasi Moodah

Aplikasi pembukuan online yang dirancang untuk usaha warung dan kuliner yang sifatnya ritel (B2C, Business to Consumer). Aplikasi ini dapat membantumu mencatat transaksi kasir, membuat invoice dan struk kasir, mengelola stok barang dan bahan baku, mengatur harga jual dan diskon, dan membuat laporan laba rugi.

6. Aplikasi SI APIK

Aplikasi pembukuan online yang dikembangkan oleh Direktorat Jenderal Pajak untuk membantu wajib pajak dalam menyampaikan SPT Pajak. Aplikasi ini membantu kamu mencatat transaksi beli-jual secara otomatis, menghitung pajak yang harus dibayar, membuat bukti potong pajak, dan mengirimkan SPT pajak secara online.

Semua aplikasi pembukuan online di atas memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kamu dapat memilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran bisnis Kamu. Dengan menggunakan aplikasi pembukuan online, kamu dapat menghemat waktu, biaya, dan tenaga dalam mengelola arus kas bisnis.

Saya sendiri, lebih cenderung memilih Paper.id karena fiturnya yang lengkap untuk kebutuhan usaha yang lebih profesional, cashless dan volume besar, terutama sebagai Aplikasi Pembayaran Digital yang sudah terintegrasi dengan berbagai layanan. Tentu ini menjadi keunggulan tersendiri Paper.id dibandingkan aplikasi lainnya.

Posting Komentar untuk "6 Aplikasi Terbaik untuk Kebutuhan Bisnis, Nomor 1 Bisa Jadi Aplikasi Pembayaran Digital"

Info paling Cepat ikuti sosial media kami 👇 dan saluran berita 👉 Google News