no fucking license
Bookmark

Mengenal Apa Itu Klinik Fertilitas dan Ragam Layanannya

Mengenal Apa Itu Klinik Fertilitas dan Ragam Layanannya

Dalam beberapa tahun terakhir, klinik fertilitas begitu menjamur di Indonesia. Pasalnya, semakin banyak pasangan yang mulai memperhatikan kesuburan dan ingin menjalani program kehamilan. Lalu, seperti apa klinik kesuburan dan layanan apa saja yang diberikan? Simak ulasannya berikut ini:

Tentang Klinik Fertilitas

Klinik kesuburan adalah lembaga medis yang menyediakan layanan diagnosis dan perawatan terkait fertilitas. Menurut Human Fertilisation & Embryology Authority (HFEA), klinik kesuburan membantu pasien untuk mencapai kehamilan melalui rekomendasi medis, perawatan, pengobatan, hingga prosedur pembedahan.

Di Indonesia sendiri ada banyak pilihan klinik kesuburan. Namun, nilai jualnya terdiri dari ketersediaan dokter program hamil yang bagus, fasilitas lengkap, dan menyediakan banyak program kehamilan. Pasien seringkali mengunjungi klinik ini sebagai upaya terakhir untuk mewujudkan keinginan memiliki keturunan, meskipun tidak jarang beberapa pasangan datang sebelum atau pada awal pernikahan untuk menjalani tes kesuburan.

Hasil tes ini menjadi dasar penentuan apakah perlu dilakukan perawatan atau tidak. Selain membantu pasien mencapai kehamilan, klinik kesuburan juga berperan dalam perencanaan kelahiran dan penundaan kehamilan.

Kapan Harus ke Klinik Fertilitas?

Perempuan disarankan untuk mengunjungi klinik kesuburan jika mengalami:

  • Usia 35 tahun ke atas dan sudah mencoba hamil secara alami selama enam bulan atau lebih.
  • Usia di atas 40 tahun.
  • Siklus menstruasi tidak teratur atau bahkan tidak mengalaminya sama sekali.
  • Mengalami beberapa kali keguguran
  • Sering mengalami menstruasi yang sangat menyakitkan.
  • Menderita endometriosis atau penyakit radang panggul.
  • Sudah mengetahui adanya masalah kesuburan.
  • Menjalani pengobatan kanker.
Sementara itu, pria perlu berkonsultasi dengan klinik fertilitas jika mengalami:
  • Riwayat masalah pada testis, prostat, atau fungsi seksual.
  • Jumlah sperma rendah atau masalah lain pada sperma.
  • Mengalami testis kecil atau pembengkakan pada skrotum.
  • Sedang menjalani pengobatan kanker.
  • Ada riwayat masalah kesuburan dalam keluarga.

Layanan Secara Umum di Klinik Fertilitas

Secara umum, layanan di klinik kesuburan mencakup tes kesuburan, diagnosis, konsultasi medis, serta tindakan pengobatan dan perawatan kesuburan. Jika Anda ingin tahu layanan umum apa saja yang dapat diakses di klinik kesuburan adalah sebagai berikut:

1. Tes Kesuburan

Klinik kesuburan menyediakan layanan evaluasi atau tes kesuburan bagi pria maupun wanita untuk mendeteksi masalah yang dapat menyebabkan kesulitan mendapatkan keturunan. Layanan evaluasi kesuburan untuk wanita mencakup pemeriksaan jumlah folikel antral di ovarium, deteksi polip atau fibroid, tes darah untuk mengukur hormon reproduksi, dan pemeriksaan rahim serta saluran tuba.

Sementara itu, layanan evaluasi kesuburan untuk pria melibatkan analisis sperma, termasuk volume, jumlah, persentase, dan motilitas (bergerak), tes darah untuk mengukur hormon reproduksi, pemeriksaan urologi, dan pemeriksaan sistem reproduksi. Keseluruhan layanan ini ditujukan untuk membantu pasangan mengatasi masalah kesuburan.

2. Pemberian Diagnosis

Setelah pasien melalui serangkaian uji dan evaluasi yang komprehensif yang dilakukan oleh klinik kesuburan, maka selanjutnya adalah pemberian diagnosis yang diberikan oleh dokter spesialis. Proses ini mencakup pemeriksaan menyeluruh untuk mengidentifikasi akar masalah kesuburan, menegakkan diagnosis, dan membuat rencana perawatan yang sesuai.

3. Konsultasi Medis Terkait Fertilitas

Dokter spesialis akan memberikan konsultasi medis terkait kesuburan. Bahkan, klinik kesuburan tidak hanya didatangi oleh pasangan yang mengalami masalah memiliki keturunan saja. Namun, ada pula pasangan baru yang ingin melakukan pemeriksaan kesuburan agar jika terdapat masalah tertentu, dapat diatasi sejak dini.

4. Pemberian Perawatan dan Prosedur Medis

Klinik kesuburan melayani perawatan bagi pasangan yang didiagnosis mengalami masalah kesuburan. Selain itu, klinik kesuburan juga memiliki layanan yang dapat membantu dan menjawab permasalahan kesuburan Anda. Adapun beberapa layanannya, yaitu:

  • Laparoskopi: tindakan bedah minimal invasive yang berguna untuk mendiagnosis dan mengatasi masalah medis di perut dan panggul.
  • Ovulasi induksi: sebuah tindakan untuk merangsang ovulasi agar meningkatkan peluang kehamilan.
  • Analisis sperma: prosedur yang dilakukan untuk mengevaluasi kualitas dan kuantitas sperma.
  • Intra Uterina Insemination/ IUI: proses dimana sperma akan diinjeksikan ke dalam rahim.
  • Bayi tabung: proses dimana sel telur diambil dari ovarium dan dibuahi oleh sperma di dalam laboratorium.
  • Intra Cytoplasmic Sperm Injection (ICSI): teknik reproduksi yang dikhususkan bagi pasangan yang mengalami masalah kesuburan karena faktor sperma.
  • Pembekuan sperma dan sel telur: tindakan ini dilakukan agar sperma maupun sel telur dapat bertahan dalam waktu yang lama.
  • Microsurgical Epididymal Sperm Aspiration (MESA): salah satu tindakan pengambilan sperma dalam tubuh pasien.
  • Percutaneous Epididymal Sperm Aspiration (PESA): tindakan pengambilan sperma dari epididymis.
  • Testicular Sperm Aspiration (TESA): pengambilan sampel sperma langsung dari testis dengan menggunakan jarum khusus dan dimasukkan melalui kulit di bawah skortum.
  • Testicular Sperm Extraction (TESE): tindakan pengambilan sperma dengan membuat sayatan kecil pada kulit skortum atau testis.

Dari ulasan tersebut dapat diketahui jika klinik fertilitas memiliki banyak layanan yang mampu menjawab permasalahan pasangan maupun individu yang mengalami masalah kesuburan. Salah satu klinik kesuburan di Indonesia yang populer, terbesar, dan terpercaya adalah Morula.

Pasalnya, klinik fertilitas Morula menyediakan berbagai layanan yang lengkap dengan fasilitas yang memadai dan dapat membantu dan menjawab segala permasalahan kesuburan Anda. Selain itu, terdapat dokter-dokter ahli dibidangnya serta embriolog dan juga perawat yang sudah berpengalaman selama lebih dari 16 tahun.

Posting Komentar

Posting Komentar